Cara merawat dan mempercepat kinerja komputer


Berikut adalah tips yang paling mudah dan gampang untuk merawat dan mempercepat kinerja komputer yang diantaranya harus dilakukan secara berkala.
  1. Hapus Junk File 
    Junk File atau file sampah yang tidak digunakan oleh sistem operasi komputer sebaiknya dihapus, karena dapat menempati ruang yang besar di hardisk anda. 
    Software gratis untuk merawat PC
  2. Defragment Hardisk Lakukan defragmentasi terhadap hardisk anda secara berkala, karena banyak aplikasi yang telah terinstal di komputer sehingga ketika software tersebut dijalankan, maka komputer akan mencari ke seluruh hardisk untuk menemukan bagian bagian yang diperlukan untuk membuka aplikasi tersebut. Dengan melakukan defragmentasi maka bagian bagian dari software yang terinstall tersebut akan disatukan dengan urutan dan akan meningkatkan kecepatan komputer. 
    Software gratis untuk defragment hardisk
  3. Update Antivirus Update antivirus secara teratur untuk melindungi komputer dari ancaman dari virus, worm dan lainnya. 
    Antivirus Gratis
  4. Gunakan Firewall Firewall adalah perangkat lunak yang dapat mencegah serangan yang datang dari internet. Aplikasi ini wajib digunakan bagi yang sering mengunakan internet.
  5. Uninstall Program Yang Jarang Digunakan 
    Menginstall banyak program di komputer akan banyak menghabiskan kapasitashard disk.
  6. Jaga Komponen Komputer Tetap Dingin Selalu tempatkan komputer di tempat yang mempunya aliran udara yang terjaga dikarenakan komponen dari komputer menghasilkan panas yang cukup besar. Dan perhatikan ventilasi udara dari komputer. 
    Memantau temperatur hardware komputer
  7. Jaga Kebersihan Komponen Komputer Dari Debu

Leave a Reply