Cara Pasang Musik Di Blog

Cara Pasang Musik Di Blog – Ada banyak cara untuk memasang musik/lagu di blog, ada yang lagunya diupload sendiri serta ada juga website yang menyediakan list lagu yang sudah tersedia sehingga kita hanya memasang kode yang disediakan.

Kang Rohman sendiri sebenarnya kurang menyarankan anda untuk memasang musik di blog, tentu dengan beberapa alasan, salah satunya adalah selera orang berbeda-beda terhadap suatu lagu, alih-alih ingin membuat nyaman pengunjung malah sebaliknya bisa membuat mereka kurang nyaman berada di blog kita karena adanya lagu tersebut.

Cara Pasang Musik Di Blog

Umumnya, memasang lagu atau musik dapat memberatkan loading blog, oleh karenanya pilihlah layanan yang sekiranya tidak terlalu membebani. Kang Rohman sendiri menyarankan untuk mengupload file di google sitedan player yang digunakan adalah google reader player karena keduanya adalah produk dari google yang tentunya dapat digunakan dengan akun gmail anda dan ini terbukti lebih cepat proses loadingnya.

Kode Google Reader Player

Untuk memasang lagu diblog perlu player yang digunakan, karena kita akan menggunakan Google reader player, maka kode yang digunakan adalah seperti berikut :
<embed type="application/x-shockwave-flash" flashvars="audioUrl=alamat_link_sumber_lagu" src="http://www.google.com/reader/ui/3523697345-audio-player.swf" width="300" height="27" quality="best" wmode="transparent"></embed>

Yang harus anda ganti adalah kode alamat_link_sumber_lagu , itu adalah alamat sumber lagu. Darimana kita dapat alamat link sumber lagu? Kita upload dulu filenya ke file hosting di internet, contoh kali ini adalah akan menggunakan google site, nanti setelah musiknya diupload, alamat sumber lagunya akan kita dapatkan.

Upload File Di Google Site

Langkah pertama yang harus anda persiapkan adalah upload file lagu yang akan dipasang ke Google Site, oleh karenanya siapkan pula lagunya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengupload lagu ke google site :
  1. Silahkan kunjungi sites.google.com/?hl=id
  2. Apabila anda sudah mempunyai akun gmail, login pada form yang tersedia. Namun, bila belum mempunyai akun gmail, bacalah dulu panduan tentang cara membuat akun gmail.

    login gmail
  3. Alihkan perhatiah ke sebelah kiri monitor, lalu klik tombol Create

    create google site
  4. Ada beberapa form yang harus diisi.
    • Name Your Site : beri nama apa saja sesuai keinginan, misal : laguku
    • Type the code shown : tulis kode yang muncul
    • Lanjutkan dengan klik tombol Create.

      buat google site baru
  5. Setelah halaman tercipta, alihkan perhatian kesebelah kanan atas monitor, kemudian klik icon untuk membuat New Page.

    halaman baru google site
  6. Buatlah sebuah halaman baru, isi form yang diminta.
    • Name your page : isi dengan apa saja. Misal : kumpulan lagu
    • Select template to use : klik dulu menu nya, setelah opsinya keluar pilih File Cabinet
    • Lanjutkan dengan klik tombol Create


  7. Klik tombol Add File. Silahkan pilih file lagu yang ingin diupload dari komputer anda.

    add file
  8. Setelah file berhasil diupload, akan muncul link bertuliskan download. Klik kanan link tersebut lalu pilihCopy Link Location (bila anda menggunakan firefox).

    copy link location
  9. Paste pada notepad atau apa saja agar alamat file tersebut bisa digunakan nantinya. Contoh alamat file (alamat sumber lagu) :
    https://sites.google.com/site/gallerylagu/kumpulan-lagu/02%20-%20Sherina%20-%20Jalan%20Cinta.mp3?attredirects=0&d=1
  10. Hapuslah kode dibelakangnya, yaitu ?attredirects=0&d=1 karena kode tersebut tidak perlu digunakan. Jadi, kode sumber lagu yang akan kita gunakan adalah :
    https://sites.google.com/site/gallerylagu/kumpulan-lagu/02%20-%20Sherina%20-%20Jalan%20Cinta.mp3
  11. Langkah upload file selesai
Karena kita sudah mendapatkan alamat sumber lagu, maka kita dapat membuat kode playernya menjadi seperti berikut ( ini hanya contoh saja, tentu kode yang sebenernya sesuai dengan lagu yang anda upload ) : 
<embed type="application/x-shockwave-flash" flashvars="audioUrl=https://sites.google.com/site/gallerylagu/kumpulan-lagu/02%20-%20Sherina%20-%20Jalan%20Cinta.mp3" src="http://www.google.com/reader/ui/3523697345-audio-player.swf" width="300" height="27" quality="best" wmode="transparent"></embed>

Berikut contoh player yang nanti akan muncul (klik tombol play untuk menjalankan):



Langkah selanjutnya adalah memasang kode tersebut di blog anda, tentu bisa disidebar atau dimana saja sesuai dengan keinginan. Namun, sebagai contoh kita akan memasangnya dibagian sidebar blog.
  1. Silahkan login ke blogger dengan akun anda.
  2. Klik pada nama blog anda.
  3. Klik menu Tata Letak

    tata letak
  4. Klik Tambah Gadget 


  5. Klik pada widget HTML/Javascript
    html widget
  6. Paste kode musik seperti yang telah kita persiapkan tadi

    embed kode musik
  7. Klik tombol Simpan
  8. Selesai.

Itulah contoh bagaimana cara memasang lagu dengan mengupload sendiri. Untuk lagu yang telah tersedia tampa harus upload lagunya, anda bisa menggunakan situs berikut :

http://www.singingbox.org/index2.php

Sebagai tambahan, panduan Cara Pasang Musik Di Blog ini hanya sebatas memasang lagu di blog, janganlah disalah gunakan untuk membagi-bagi file musik karena itu ilegal atau melanggar hukum yang berlaku. Segala tindakan penyalahgunaan tanggung jawab anda masing-masing

Leave a Reply