Taksi Luar Angkasa dari Boeing


Blog Indonesia – Sebuah model kapsul ruang angkasa baru yang berukuran sesuai aslinya yang dibangun Boeing untuk mengangkut astronot ke Stasiun Antariksa Internasional memperlihatkan bagaimana para astronot akan diposisikan di dalam pesawat antariksa itu. Menurut laman Space.com, taksi kapsul ini dapat membawa tujuh astronot ke Stasiun Antariksa Internasional.
Prototipe Boeing CST-100 dipamerkan pada Simposium Antariksa Nasional ke-28 pada 16-19 April di Hotel Broadmoor, Amerika Serikat. Desain interior kursi yang dibentuk miring dapat dilihat langsung.
Boeing membangun kapsul CST-100 sebagai bagian dari program NASA mengembangkan armada baru pesawat luar angkasa Amerika untuk membawa astronot ke stasiun antariksa.
Setelah program shuttle luar angkasa dipensiunkan, NASA berharap kendaraan komersial ini dapat segera mengangkut kargo. Pengiriman astronot menuju dan kembali dari posko orbit diharapkan berlangsung setelah ujicoba kargo.
Kapsul dengan lebar 4,5 meter akan melakukan perjalanan ke orbit di atas roket Atlas 5. Setiap kapsul dirancang untuk terbang bolak-balik ke ruang angkasa sebanyak 10 kali.
Para insinyur yang merancang CST-100 menggunakan ratusan sensor kecil untuk mengukur aliran udara di seluruh model dengan ukuran sekitar tujuh persen dari ukuran operasionalnya. Para peneliti akan menguji model kapsul dengan lebih dari 20 posisi yang berbeda untuk mensimulasikan berbagai tahap pendaratan yang gagal. Menurut Boeing, langkah ini bertujuan untuk memastikan operasi CST-100 berjalan lancar.

Leave a Reply